Radiant Sea Perkuat Branding Lewat Pelatihan Brand Storytelling & Visual Identity di Rumah BUMN Lobar BERITA WUKONG778 MUSIC

FOTO BERSAMA: Usai menggelar kegiatan Brand Storytelling & Visual Identity, para peserta bersama pemateri melakukan foto bersama. (Ist/radarlombok)

GIRI MENANG–Tim usaha Radiant Sea, salah satu peserta Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Universitas Mataram, terus menunjukkan keseriusannya dalam memperkuat branding produk kosmetik berbahan alga Padina.

Kali ini, Salah satu program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Kemdiktisaintek yang disebut Radiant Sea mengikuti pelatihan “Brand Storytelling & Visual Identity” yang digelar di Rumah BUMN Lombok Barat, Sabtu (13/9/2025).

Radiant Sea merupakan usaha rintisan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Mataram yang diketuai oleh Dwi Safitri. Mereka berkomitmen mengembangkan produk kosmetik inovatif berbasis alga Padina. Bahkan, Radiant Sea digadang-gadang sebagai pelopor pemanfaatan Padina sebagai bahan baku lotion alami yang ramah lingkungan.

Pelatihan ini difasilitasi Rumah BUMN Lombok Barat sebagai wadah pembelajaran bagi UMKM untuk memahami pentingnya membangun citra merek. Dalam materi yang disampaikan, brand disebut bukan sekadar nama atau logo, tetapi cerita yang mampu menyentuh hati konsumen.

“Brand storytelling menjadi kunci menanamkan nilai dan pesan mengapa sebuah produk diciptakan, sehingga konsumen bisa lebih mengenal dan mengingat produk,” terang Salah satu pemateri, Lalu Wahyu Ardis Pandya.

Selain itu, identitas visual juga dinilai krusial. Mulai dari pemilihan warna, bentuk logo, hingga desain kemasan, semuanya memengaruhi persepsi konsumen. “Mau sebagus apapun brand yang kita bangun, kalau kemasan tidak menarik maka produk akan kurang dilirik,” lanjutnya.

Bagi Radiant Sea, pelatihan ini memberikan banyak insight berharga. Mulai dari penentuan target pasar, penguatan brand personality, hingga strategi penyampaian pesan yang selaras dengan nilai produk. Mereka juga belajar bagaimana menonjolkan kelebihan produk saat dibandingkan dengan kompetitor.

“Dari pelatihan ini kami semakin sadar bahwa brand bukan hanya nama atau kemasan, tapi cerita autentik tentang alasan sebuah produk hadir. Itu yang akan membuat Radiant Sea lebih mudah dikenal dan dipercaya konsumen,” kata Ketua Tim Radiant Sea, Dwi Safitri.

Ke depan, Radiant Sea menargetkan produknya tidak hanya dikenal di pasar lokal, tetapi juga menembus pasar nasional, bahkan go internasional dengan identitas brand yang kuat. Langkah ini sekaligus menjadi komitmen tim mahasiswa Universitas Mataram tersebut untuk mengangkat potensi lokal melalui produk kosmetik berbasis alga Padina. (rie)


radiant-sea-perkuat-branding-lewat-pelatihan-brand-storytelling-visual-identity-di-rumah-bumn-lobar